Desain Rumah Minimalis berfasad beton | The Mirador House

3Desain rumah minimalis berfasad beton ini terdapat di Chile. Berada di tepi tebing yang curam pinggiran pantai.
Jika anda amati gambar diatas, maka anda tidak akan menemukan segorespun cat dinding pada bagian permukaan rumah ini. Semua fasad berwarna abu-abu tekstur beton. Semuanya unfinish alias tidak diaci halus.

Jika anda amati lagi pada gambar-bambar yang dibawahnya, pada dinding beton itu terdapat efek garis-garis yang timbul karena bekas permukaan papan cor. Garis-garis tersusun dengan rapi dengan jarak yang relatif sama. Ini menunjukkan bahwa bekisting dinding ini dikerjakan dengan sangat rapi.  Setiap papan memiliki ukuran lebar yang sama, mungkin sekitar 15 cm.

Jika anda tertarik dengan tekstur beton sebagai fasad maka anda perlu juga melakukan pemasangan bekisting dengan teliti. Efek cetak dari bekisting itu akan memberikan hasil garis-garis natural yang luar biasa indah.

4
5
8Arsitek dari rumah ini menyadari bahwa semua sisi dari rumah ini bisa dilihat dari berbagai sudut.
Tapak berada di alam terbuka yang luas diantara batuan-batuan tebing yang cadas.  Oleh karena itu agar rumah ini terlihat menarik perhatian maka lantai utama rumah in dibuat overhang melampaui basement. Sisi luar bangunan lantai utama menggunakan konstruksi kantilever yang ditopang oleh dinding basement sebagai struktur utama.

7
12Anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda saat melewati akses menuju lantai utama.
Seruas ramp panjang terbentang dari area parkir menuju teras rumah yang langsung menghadap laut. Desain rumah ini menggunakan konsep yang dipakai oleh Villa Savoye di Perancis karya Le Corbusier.

9
13Semua balkon pada sayap bangunan ini menghadap laut. Sangat eksotis.

Saya bisa membayangkan betapa nyamannya saat duduk santai di teras rumah sambil memandangi sunset (atau sunrise?) yang bersemburat merah di ujung cakrawala.

Negeri kita punya banyak sekali pantai. Itu artinya ada potensi tak terbatas bagi kita untuk mendapatkan sensasi bersantai di tepi pantai seperti pada rumah di Chile ini.

Atau jika tidak ada pantai masih ada lembah dan pegunungan yang bisa kita nikmati dari balkon.

Atau jika anda tinggal di lokasi urban dengn lahan terbatas maka anda masih bisa mencolek ide bermain-main dengan fasad beton.

Selain eksotis , finishing beton mentah tentu jauh lebih murah  🙂

 

Arsitek : Gubbins Arquitectos

Sumber : freshome.com

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *